Desain Denah Rumah Minimalis Type 21 yang Bagus

Jika dilihat dari model dan ukurannya, rumah minimalis type 21 termasuk rumah yang memiliki bentuk paling mungil diantara tipe-tipe rumah lainnya. Mengingat luasnya yang sempit maka sulit sekali mengeksplorasi model rumah tipe ini seperti halnya rumah-rumah dengan ukuran yang lebih besar.
Satu hal yang mampu membuat rumah minimalis ini terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya, yaitu dengan membuat konsep denah yang tepat terutama dalam hal efisiensi ruangan. Konsep ini jelas dibutuhkan agar setiap penghuni rumah memiliki ruang gerak lebih leluasa meskipun berada dalam rumah berukuran sempit.

Desain 3D Rumah minimalis type 21

Denah rumah, dalam hal ini rumah minimalis type 21 adalah konsep atau rancangan skema rumah mulai dari konstruksi, desain ruang, mencakup luas ruang dan bangunan secara keseluruhan. Dengan dibuatnya denah maka kita dapat mengetahui gambar rumah serta perkiraan biaya untuk membangun rumah.
Disini biaya yang dimaksud mencakup biaya pengadaan material bangunan, jasa arsitek, dan upah pekerja. Untuk membuat denah rumah minimalis type 21 banyak hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya model rumah, jumlah kamar tidur, dapur, kamar mandi, juga elevasi bangunan rumah terhadap jalan.

Konstruksi Rumah Minimalis Type 21
Untuk mengaplikasikan elemen-elemen seperti kusen, pintu, jendela, atau keramik mungkin tidak menemui kendala berarti. Yang sulit adalah menentukan layout interior ruangan rumah minimalis type 21 ini, sebab kita harus pintar menata ruangan seperti yang kita mau, namun disatu sisi kita tidak bisa meninggalkan konsep aslinya
Denah Rumah Minimalis type 21

Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan sewaktu membangun rumah minimalis type 21 yaitu konstruksi beton serta elemen baja tulangan harus disesuaikan dengan bestek. Elemen struktural rumah mulai dari pondasi, beton, balok atau kolom harus benar-benar diperhatikan sebab jika seluruh elemen tersebut kurang kokoh maka hal akan membahayakan kondisi rumah.

Berbeda dari rumah klasik atau konvensional, membangun rumah minimalis type 21 cenderung lebih sulit mengingat rumah ini umumnya hanya memiliki luas banguan 21 m2 diatas lahan yang luasnya tak lebih dari 60 m2. Tak banyak yang bisa dilakukan untuk mengembangkan rumah ini kecuali dengan membuatnya menjadi 2 lantai dengan perincian lantai 1 untuk ruang tamu, 1 kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Sedangkan lantai 2 dibuat 2 kamar tidur serta balkon (ruang terbuka) untuk area menjemur.

Syarat-syarat Membangun Rumah Minimalis Type 21
Untuk membuat rumah minimalis type 21 tampil lebih sempurna menjadi hunian idaman, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan seperti berikut ini:
>> Sebaiknya rumah tidak dibangun hingga menyentuh garis jalan. Selain melanggar undang-undang, rumah yang terlalu dekat dengan jalan bisa menjadi sarang penyakit karena posisinya dekat dengan saluran air yang biasanya menjadi sarang nyamuk, tikus, dan kecoa. Meskipun ukurannya mungil namun menyisakan lahan untuk halaman sangat penting sebagai resapan air, sumber produksi udara, dan area bermain anak.
>> Jika kita kurang yakin dengan kualitas pondasi rumah serta elemen struktural lainnya sebaiknya rumah tidak didesain terlalu tinggi. Apabila memiliki anggaran lebih, sebaiknya digunakan untuk menambah material (misalnya semen) agar pondasi menjadi lebih kuat.
>> Apabila tidak mempunyai pengetahuan cukup sewaktu memilih plat, sloof, kolom atau balok, akan lebih bijaksana jika kita menyewa jasa arsitek untuk mendapatkan dimensi bangunan seperti yang kita inginkan.
>> Bagian halaman rumah minimalis type 21 sebaiknya tidak ditutup beton secara keseluruhan agar air hujan bisa meresap masuk ke dalam tanah. Mengingat rumah ini tergolong sempit, maka tiap ruangan atau kamar dipasang jendela yang cukup besar agar sirkulasi udara dan cahaya dapat berjalan lebih optimal.


Denah Rumah Type 21 2 Lantai

Denah Rumah Type 21

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »